Jumat, 11 Januari 2013

Menambah Themes Design Pada PowerPoint 2007

Dalam sebuah presentasi kita perlu menyajikannya sebaik mungkin, hal ini bertujuan agar presentasi yang kita sampaikan tidak terasa monoton dan membosankan. Didalam MS PowerPoint sudah tersedia beberapa design tema dan dapat  langsung kita gunakan pada presentasi kita. Tetapi, jika kita menggunakan tema yang terdapat pada PowerPoint akan terjadi keseragaman dengan teman yang juga menggunakan tema yang sama. Agar presentasi kita terlihat lebih menarik dan memiliki ciri tersendiri dibandikan dengan presentasi teman kita, kita perlu membuat tema yang berbeda dan sesuai dengan topik dari presentasi kita.
Dalam kesempatan kali ini saya akan membantu teman-teman dalam memasang tema presentasi. Tema yang akan kita rancang akan tampil pada tema menu design.
  • Mendesign tema

Langkah 1

Buka aplikasi MS PowerPoint 2007. Pilih menu design, klik menu background Styles dan klik format background.

Langkah 2

Pada jendela format background pilih Picture or texture fill, kemudian pada insert form klik menu file untuk memasukkan gambar yang kita inginkan.
Klik apply to all dan klik close.
Kemudian, Simpan gambar dengan format *.potx.

Langkah 3

  • Cara memasukan tema
Buka kembali lembar kerja baru pada MS PowerPoint2007.  Pilih menu design, klik tanda panah bawah di sisi kanan bawah tampilan tema.
Pilih Browse for Themes.

Langkah 3

Pada jendela dialog Office Theme or Themed Document, arahkan ke lokasi file tema presentasi rancangan kita > tema.potx, klik Apply.

Langkah 4

Tema yang telah kita rancang akan diterapkan pada tema menu design. Untuk menyimpan tema pada menu design lebarkan teman yang ada pada desin dengan menekan tombol panah bawah di sisi kanan bawah tampilan tema kemudian pilih Save Current Theme…, dan pastikan teaman-teman menyimpan file tema satu tempat dengan file Theme Colors, Theme Effects, dan Theme Fonts. Simpan dengan nama tema yang kita inginkan à mother.thmx, klik save.

Langkah 5

Dan 1, 2, 3..  “tadaaa..!” tema yang telah kita rancang tadi telah berada dan tersimpan pada deretan tema presentasi pada menu design. Dan dapat kita gunakan pada saat kita membuat presentasi yang sesuai dengan tema yang kita buat, atau dapat teman-teman gunakan pada saat presentasi sidang nanti.
Lumayan mudahkan……!!!!!!!. Selamat Mencoba, semoga bermanfaat….  ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar